Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

Seo

Putus Asa Sebagai Blogger? Ini Cara Mengatasinya

Blogger Putus Asa
Putus Asa Sebagai Blogger? Ini Cara Mengatasinya
- Sebagai seorang Blogger tentu pernah mengalami rasa putus asa dalam ngeblog. Putus asa itu bisa disebabkan karena sepinya pengunjung di blog atau karena blog tidak bisa memberikan penghasilan, yang membuat kegiatan blogging seperti menjadi sia-sia. Itu wajar dan manusiawi. Namun, kita tidak bisa larut dalam rasa putus asa tersebut yang menyebabkan semangat ngeblog benar-benar menghilang dalam diri kita. 

Jika kita memang mencintai dunia blogging dan ingin terus berbagi manfaat lewat tulisan, maka cara satu-satunya adalah harus bangkit kembali dan pendam dalam-dalam rasa putus asa tadi. Bagaimana menghilangkan rasa putus asa tersebut? Jawabnya adalah jangan lihat ke atas.
Jangan lihat ke atas? Maksudnya?

Pada awal kita ngeblog dulu, sobat  mungkin termotivasi membuat sebuah blog karena membaca bahwa seorang blogger bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan besar dari aktivitas ngeblog tersebut. Kita pun dengan semangat membuat blog dan mengisinya dengan banyak artikel dan berharap dalam waktu singkat banyak pengunjung yang membaca tulisan-tulisan kita dan pndi-pundi uang pun mengalir ke kantong dengan deras. Apakah semudah itu?

Ternyata tidak. Ngeblog tak semudah membalik telapak tangan ketika tujuan ngeblog hanya untuk mencari uang. Ketika ngeblog tidak sesuai dengan ekspektasi, ketika tulisan-tulisan itu tak bisa mendatangkan banyak pengunjung, ketika kegiatan ngeblog tak bisa menghasilkan uang, maka rasa putus asa itu yang kemudian bercokol dalam hati.

Oleh dari itu, ketika kita sudah terjun ke dunia blogging, janganlah selalu termotivasi oleh kesuksesan blog lain. Sebab, itu bisa menjadi boomerang. Ketika blog kita tak bisa sesukses blog tadi, maka lambat laun blog tersebut di tinggalkan karena semangat ngblog sudah mengendur. 

Sekali-sekali lihatlah ke bawah. Masih banyak blog yang lebih ngenes nasibnya dari blog kita. Masih banyak blog yang lebih sepi dari blog kita. Tapi blog-blog tersebut masih tetap setia memberikan konten-konten yang bermanfaat bagi pengunjung. Intinya adalah syukuri apa yang ada. Syukuri kita masih diberi kemampuan dalam berbagi kebaikan dan informasi lewat tulisan. 

Jika memang blog kita tidak bisa memberikan penghasilan, namun dari segi manfaat jauh lebih besar manfaatnya untuk orang lain, mengapa kita harus putus asa? Bukankah sebuah kebaikan selalu dibalas dengan pahala dari Tuhan. Siapa tahu tulisan-tulisan yang buat di blog tadi terus mengalirkan kebaikkan pada kita walaupun nanti sudah tak ada di dunia ini lagi. 

Jadi….berpikir positif karena rezeki tetap dari Allah selalu berdoa dan ikhtiar serta jangan putus asa dalam ngeblog. Terus tebarkan kebaikan lewat tulisan-tulisan yang bermanfaat. Jika kita konsisten dalam menebar kebaikan lewat tulisan, semoga Tuhan membukakan pintu-pintu kebaikan dan rezeki dari arah yang tak di sangka-sangka. 

Putus Asa Sebagai Blogger? Ini Cara Mengatasinya Reviewed by Andi Leangle on Mei 21, 2020 Rating: 5

1 komentar:

  1. Memotivasi artikelnya mas. Semoga blogger tetap semangat...

    BalasHapus

All Rights Reserved by Belajar Seo Dan Link © 2017
Powered By Blogger, Share by Andi Leangle

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.