Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

Seo

Pengertian Dasar SEO (Search Engine Optimization)

SeoBlogic.Com - Penasaran tentang pengertian dasar SEO? Begini gambarannya, ketika melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google, Bing. Yahoo! Atau mesin pencari yang lain, Anda akan mendapati website yang relevan dengan kata yang dimasukkan ke kolom search.

Untuk menampilkan website dari urutan yang paling relevan ke urutan berikutnya, mesin pencari tidak melakukannya secara acak. Ada beberapa penilaian untuk menetukan relevansi dan kualitas website. Hal inilah yang kemudian melatarbelakangi hadirnya SEO.

Pengertian SEO

SEO adalah usaha yang dilakukan terhadap website agar mendapatkan peringkat terbaik dalam pencarian pada mesin pencari. Melalui algoritma tertentu, mesin pencari mengurutkan website yang ditampilkan sesuai ranking.

Melalui SEO, berarti kita akan menjadikan website bersahabat dengan algoritma tersebut, sehingga mendapatkan ranking yang tinggi.

Konsep Dasar SEO

Mesin pencari merupakan sebuah produk yang berusaha memberikan layanan optimal bagi penggunanya. Dengan menggunakan mesin pencari, pengguna berusaha menemukan hasil relevan dari kata kunci yang dimasukkan.

Maka, SEO merupakan senjata ampuh untuk membuat website menduduki ranking terbaik dari kata kunci yang diinginkan oleh pengguna.

Segi penilaian rangking website oleh algoritma mesin pencari meliputi, konten yang disajikan, struktur dan navigasi, popularitas, dan kepuasan pengguna (user experience/UX).

Manfaat SEO
Berdasarkan konsep dasar di atas, manfaat utama SEO adalah meningkatkan jumlah pengunjung ke website Anda. Peningkatan jumlah pengunjung tersebut membawa efek domino, yaitu masuknya calon pelanggan potensial dari mesin pencari.

Selain itu, dengan adanya website Anda di posisi teratas mesin pencari, dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Apabila informasi dan produk yang Anda tawarkan memuaskan pengunjung, kemungkinan besar mereka akan mengingat website Anda karena selalu menemukan di peringkat teratas pencarian.

SEO On Page dan SEO Off Page

SEO on page adalah usaha peningkatan jumlah pengunjung website melalui unsur di dalam website itu sendiri. Ini dapat dilakukan dengan cara mendesain sendiri website yang SEO friendly. Beberapa usaha yang dapat dilakukan antara lain membangun website yang menarik dan aksesnya cepat, menggunakan tittle tag yang relevan untuk homepage dan judul konten, mengatur navigasi sebaik mungkin, dan lain-lain.

Sedangkan SEO off page yaitu usaha optimasi website dari luar website yang dibangun, untuk mendukung optimasi SEO on page yang sudah dilakukan. Cara melakukan SEO off page yaitu dengan membangun link (backlink) dari situs lain untuk menuju ke web yang dioptimasi.

Website Tanpa SEO
Mencari informasi lewat mesin pencari telah menjadi pilihan utama sejak adanya Google dan kawan-kawan. Informasi secara online biasa didapatkan melalui website. Umumnya pengguna mesin pencari akan mengeklik website yang berada pada urutan teratas hasil pencarian. Atau setidaknya website pada halaman pertama.

Di sinilah SEO berperan meningkatkan agar website mendapatkan banyak pengunjung.
Berdasarkan data dari Google, website yang berada di peringkat pertama sampai ke tiga, mendapatkan total klik lebih dari 50% pengguna. Sementara peringkat pertama sendiri mendapatkan 20% dari jumlah tersebut.

Itulah pentingnya mengapa website harus dinaikkan rankingnya dengan SEO. Umumnya, pengguna mesin pencari memerlukan informasi dan memiliki keinginan membeli produk. Jika Anda memiliki bisnis online, pengunjung dari mesin pencari dipastikan akan menghasilkan konversi penjualan yang terbesar.

SEO merupakan salah satu metode marketing modern yang tidak memerlukan biaya mahal. Sebagai metode marketing, tentu saja Anda mempunyai pilihan untuk menggunakannya atau tidak menggunakannya. Seperti halnya iklan, produk yang tidak diiklankan pun mampu meraih angka penjualan. Begitu juga dengan website yang tidak dioptimasi dengan SEO, bisa saja populer. Ini karena mesin pencari juga memperhatikan kualitas konten dan struktur halaman dalam website.

Namun ada kemungkinan jika website Anda akan memperoleh ranking lebih tinggi dengan adanya penerapan SEO. Demikianlah penjelasan tentang pengertian dasar SEO, semoga artikel ini bermanfaat.

Pengertian Dasar SEO (Search Engine Optimization) Reviewed by Andi Setiawan on April 06, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belajar Seo Dan Link © 2017
Powered By Blogger, Share by Andi Leangle

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.