Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

Seo

5 Langkah Mencari Keyword yang Tepat

Seoblogic.com - Memilih keyword yang tepat merupakan keharusan untuk mendapatkan pengunjung yang melimpah dari mesin pencari ke website atau blog Anda. Untuk mencari keyword yang tepat, harus dilakukan riset, yaitu mencari kata yang sering dicari oleh pengguna internet di mesin pencari.

Jenis-jenis Keyword

Sebelum mengetahui bagaimana langkah-langkah mencari keyword yang tepat, kenali jenis-jenis keyword untuk memudahkan Anda memahami cara mencarinya.

Berdasarkan panjangnya, ada short tail keyword dan long tail keyword. Short tail keyword adalah keyword yang hanya terdiri atas satu atau dua kata. Tingkat persaingan dalam keyword ini sangat tinggi, sehingga sulit juga untuk bersaing dalam keyword jenis ini jika tidak ditunjang SEO yang mumpuni. Sedangkan long tail keyword ialah keyword terdiri atas tiga kata atau lebih. Belum banyak yang menggunakan keyword jenis ini, maka persaingannya pun tidak terlalu tinggi.

Yang ke dua, jenis keyword berdasarkan manfaatnya yaitu keyword abadi dan keyword musiman. Keyword abadi merupakan keyword yang masih akan terus dicari sampai kapan pun, contohnya; jenis ikan hias, tips memasak sayur, dan lain-lain. Sedangkan keyword musiman, yaitu keyword yang manfaatnya hanya sementara, seperti jadwal tour Noah 2017, hasil pertandingan Persib Vs Persija, dan sebagainya.

Langkah Mencari Keyword yang Tepat

Setelah memahami jenis-jenis keyword, sekarang kita mempelajari bagaimana langkah mencari keyword yang tepat.

1. Mencari Benih Keyword

Benih keyword yaitu keyword utama yang akan digunakan untuk menemukan keyword-keyword turunan. Biasanya benih keyword terdiri dari satu atau dua kata (short tail). Tentukan kata yang ada kaitan dengan topik yang akan Anda bahas. Misalnya jika Anda akan membahas kuliner, benih keyword-nya bisa rendang, soto, martabak, atau sempol.

2. Mencari Long Tail Keyword

Setelah menemukan benih keyword, Anda harus mencari long tail keyword menggunakan benih-benih tersebut.

Ketika Anda mengetik suatu kata di kolom search Google, maka di bawahnya akan muncul deretan kata yang diawali oleh kata yang Anda ketik. Ini dinamakan Google Auto Complete, di mana Google akan melengkapi secara otomatis kata kunci turunan dari keyword yang Anda masukkan. Cara ini bisa dilakukan untuk mendapatkan keyword turunan, kelemahannya akan sangat lama dan tidak efektif.
Cara efektif untuk menggali keyword turunan yaitu dengan keywordtool.io, yang berfungsi untuk mendapatkan keyword turunan dari benih keyword yang Anda masukkan berdasarkan Google Suggest.

3. Menganalisis Volume Pencarian Keyword

Untuk menganalisis jumlah pencarian di Google, Anda bisa menggunakan Google Adwords Keyword Planner. Namun, perlu diketahui bahwa data yang tertulis di sana tidak 100% akurat. Jika di sana tertulis jumlah pencarian keyword 500 per bulan, belum tentu Anda akan mendapatkan angka yang sama.

4. Menganalisis Tingkat Persaingan

Langkah selanjutnya adalah menganalisis tingkat persaingan keyword sesuai dengan kemampuan SEO Anda. Ini bisa dilakukan secara manual dengan SEOQuake atau MozBar. Cari lah keyword yang tingkat persaingannya tidak terlalu sulit. Tipsnya, jangan pilih keyword yang hasil pencariannya di atas satu juta, keyword yang dikuasai oleh web-web otoritas seperti Wikipedia, keyword yang dikuasai oleh website-website dengan pagerank di atas 5, dan lain-lain.

5. Mengeksekusi Keyword

Setelah mendapatkan keyword yang tepat, Anda perlu mengoptimasinya dan menerapkan pada artikel. Caranya letakkan keyword pada judul artikel, URL artikel, pada meta decription, dan paragraph pertama artikel.

Dengan menerapkan langkah-langkah mencari keyword yang tepat untuk artikel Anda, maka mendapat posisi yang lebih baik di mesin pencarian bukan hal yang mustahil lagi. Selamat berjuang.

5 Langkah Mencari Keyword yang Tepat Reviewed by Andi Setiawan on Maret 28, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Belajar Seo Dan Link © 2017
Powered By Blogger, Share by Andi Leangle

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.